Dapatkan gratis ongkir - Bebas 30 hari uang kembali.

Artikel Terpopuler

Efek proyek KCIC kepada masyarakat di Desa malangnengah

Berdasarkarkan informasi yang didapatkan dari salah satu perangkat Desa Malangnengah  proyek KCIC mulai berjalan antara tahun 2018-2019. Sepanjang 22 KM jalan kereta api ini melintas dari Jakarta-Bandung dan melewati Kawasan tambang batu yang ada di Kabupaten Purwakarta tepatnya di Desa malangnengah Kecamatan Sukatani. Hal ini tentu saja berdampak pada kehidupan masyarakat di Desa Malangnengah yang notabene pekerjaan utamanya adalah sebagai penambang batu, mau tidak mau masyarakat Malangnengah harus rela mata pencaharian utama mereka terkena efek pembangunan dari proyek KCIC. Namun hal ini tidak dapat dihindari karena tambang tersebut sebelumnya juga milik pemerintah. Tambang batu di Desa Malangnengah telah ada sejak tahun 1980 han dan telah menjadi pekerjaan utama dari masyarakat Malangnengah turun temurun dan saat tambang batu ini masih beroperasi dengan lancar perekenomian masyarakat malangnengah bisa dibilang sangat baik , namun pada saat terpaksa terkena dampak dari pembangunan proyek KCIC dan akhirnya berhenti beroperasi pada akhir tahun 2019 masyarakat Malangnengah seakan akan kehilangan tempat menggantungkan kehidupan. Mau tidak mau masyarakat Malangnengah haru kembali memutar otak untuk memenuhi kebutuhan sehari harinya. Oleh karena itu Pemkab Purwakarta hadir dengan WEBDESAKU untuk menggali potensi yang dimiliki daerah-daerah di Purwakarta. Walaupun saat ini sisa-sisa dari tambang batu masih ada namun tidak semaksimal sebelum ada KCIC yang menggunakan peledak sehingga waktu untuk menambang lebih efisien dari pada saat sekarang dengan cara manual. Dikatakan bahwa tambang batu itu tidak akan habis sampai kapan pun sehingga membuat persepsi masyarakat Malangnengah akan aman-aman saja. Namun dengan adanya KCIC membuat banyak mimpi yang tidak menjadi kenyataan dimana rencananya akan menabung untuk anak dimasa depan namun apalah daya saat tambang tersebut terpaksa berhenti beroperasi tahun 2019 kemarin.

PRAJA IPDN MELIHAT LOKASI TAMBANG BATU DESA MALANGNENGAH YANG PERNAH MENJADI MATA PENCARIAN WARGA DESA

Purwakarta, 14 September 2023 Di Desa Malangnengah terdapat sebuah Tambang Batu yang mana sempat menjadi sumber penghasilan warga Desa Malangnengah. Bagi masyarakat di Desa Malangnengah adanya Pertambangan ini cukup mempengaruhi kehidupan warga bidang ekonomi baik secara langsung maupun tidak langsung, hal ini dikarenakan adanya masyarakat desa yang menjadi tenagakerja perusahaan untuk mendukung kegiatan operasional, baik menjadi tenaga managerial, teknis tambang, teknis operasional dan tenaga kerjapendukung. Hal tersebut merupakan suatu upaya perusahaan membangun hubungan yang baik dengan masyarakat dan juga untuk menghindari konflik sosial. Industri pertambangan di Desa Malangnengah sudah memiliki prasarana yang cukup memadai dalam pengelolaanya. Namun yang menjadi permasalahan di kalangan masyarakat Malangnengah yaitu adanya Proyek Kereta Cepat Indonesia China yang mana proyek ini mengurangi kawasan proyek Tambang Batu. Kawasan Proyek Tambang Batu yang berkurang menyebabkan tenaga kerja yang dibutuhkan juga berkurang, sehingga  warga desa yang awalnya bekerja sebagai tenaga kerja di tambang batu sekarang menjadi pengangguran dan sebagiannya ada yang menjadi sopir sebagai penunjang keberlangsungan hidup.

MUSYAWARAH DESA (MUSDES) RKPDes 2024 dan DU RKPDes 2024

Musyawarah desa atau disebut rapat Musdes RKPDes Tahun 2024 Dan DU RPDes Tahun 2024 Yang Dilaksanakan Rapat Pemerintah desa Malangnengah beserta BPD yang dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 12-09-2023, bertempat di kantor desa Malangnengah. RKPDes merupakan kepanjangan dari Rencana Kerja Pemerintah Desa. Rencana Kerja Pemerintah Desa disingkat RKPDes adalah dokumen penjabaran dari RPJM Desa untuk periode 1 (satu) tahun. Acara Dibuka Oleh Kepala Desa Malangnengah bapak Haji Aca Sutisna dan Dilanjutkan sambutan Oleh Bapak Sekdes Tarya, pemaparan dan pembentukan TIM Panitia Penyusun RKPDes 2023 dan DU RKPDes 2024. Tujuan dilakukannya RKPDes ini adalah Terwujudnya perencanaan tahunan Desa dalam upaya terwujudnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa, Tercapainya pemanfaatan potensi desa secara maksimal, efisien dan efektif dalam pembangunan desa menuju desa yang maju mandiri dan sejahtera. Kerangka acuan bagi Kepala Desa dan Perangkat Desa dalam menyusun program dan kegiatan tahunan yang sinergis sesuai tugas pokok fungsinya untuk mewujudkan tercapainya visi misi yang telah ditetapkan dalam RPJM Desa, Sebagai instrumen penilaian kinerja perangkat desa, dalam mengukur efektivitas pelaksanaan tugasnya dan Sebagai instrumen akuntabilitas dan transparansi manajemen pamerintah desa oleh masyarakat maupun sebagian dana desa akan di alokasikan ke berbagai indikator dan kegiatan, di antaranya     BLT Dana Desa Ketahanan Pangan Gaji Guru Honor Akses air bersih dan sanitasi Perbaikan Jalan di Lingkungan Desa Kegiatan Posyandu dll Acara ditutup oleh Ketua desa Bapak Haji Aca Sutisna dengan doa dan pendatangan daftar hadir beserta berita acara oleh Peserta Rapat.

TANAH 6X12 METER MENGHASILKAN 14 JENIS SAYURAN BERGIZI TINGGI DI MALANGNENGAH

Desa Malangnengah, kec. Sukatani, kab. Purwakarta adalah salah satu desa yang ikut melaksanakan kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) guna memenuhi kebutuhan gizi masyarakat desa agar masyarakat dan anak anak di desa Malangnengah terhindar dari berbagai macam penyakit khususnya penyakit stunting. Kegiatan ini dibiayai oleh APBN Ditjen Hortikultura Kementan. Pembiayaan disalurkan dalam bentuk barang berupa bibit,pupuk, dan fasilitas lainnya yang mendukung berlangsungnya kegiatan Pekarangan Pangan Lestari. Sedangkan tanah yang digunakan berasal dari wakaf masyarakat yang ukurannya berkisar 6x12 meter.             Dengan memanfaatkan tanah yang hanya berukuran 6x12 meter,kegiatan ini dapat menghasilkan berbagai macam sayuran bergizi,diantaranya: Tomat Cabai merah Kangkung Kacang Panjang Cabai keriting Pakchoy Bayam Terong bulat Seledri Daun bawang Cabai rawit Terong Panjang Mentimun Semangka Pak Dadang adalah salah satu pengurus dari kegiatan pekarangan pangan lestari ini.Beliau mengaku hasil panen dari P2L ini di bagikan ke masyarakat yang membutuhkan secara gratis.Menurut pak Dadang fasilitas yang diberikan oleh pemerintah dalam pelaksanaan kegiatan ini sudah cukup,hanya saja beliau ingin mempelajari teknik pertanian baru yang mempermudah dan dapat memaksimalkan kegiatan P2L ini. Pak Dadang berharap pemerintah dapat memberikan pelatihan khusus mengenai pertanian modern guna meningkatkan hasil panen pertanian P2L ini.

Aduduh Ngapain Nih Ada Kakak-Kakak Yang Ganteng Dan Cantik-Cantik Di Posyandu Desa Malangnengah

Selasa(12/09/23), posyandu Desa Malangnengah kedatangan tamu-tamu spesial dari IPDN. kedatangan kakak-kakak dari IPDN ini bertujuan untuk membantu kegiatan posyandu rutin yang dilaksanakan di Desa Malangnengah setiap satu bulan sekali. giat yang diadakan antara lain adalah pengukuran berat badan anak, pemeriksaan kesehatan ibu hamil dan pemabgian obat cacing untuk anak. Kakak-kakak dari IPDN turut serta membantu dalam setiap kegiatan mulai dari pencatatan kehadiran, pengukuran berat badan, sampai dengan pembagian obat cacing untuk anak. Salah seorang kakak dari IPDN menggunakan timbangan digital untuk mengukur berat badan bayi menggunakan selisih berat badan ibu saat menggendong bayi dan saat ibu tidak menggendong bayi. Kegiatan posyandu berlangsung selama 2 jam mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 10.00 selama kegiatan berlangsung terlihat suasana yang berbeda dari biasanya tampak lebih berwarna dikarenakan kehadiran kakak-kakak yang ganteng dan cantik dari IPDN tampak balita yang datang terlihat cukup penasaran dengan kehadiran kakak-kakak dari IPDN ada yang bertanya-tanya pada ibunya dan bahkan ada juga yang takut, Para warga yang datang terlihat cukup antusias dalam kegiatan posyandu ini, mungkin kakak-kakak dari IPDN memancarkan daya tarik yang tidak biasa terlihat dari daftar kehadiran yang cukup banyak terisi dibuku pencatatan. Kegiatan posyandu ini rutin dilaksanakan sekali dalam sebulan guna meninjau perkembangan anak, kesehatan ibu hamil dan juga pembagian susu untuk bayi dan anak-anak. Kata salah seorang ibu bidan “Diharapkan ibu-ibu semakin sadar akan pentingnya posyandu ini sehingga ibu-ibu tahu akan perkembangan dan kesehatan anaknya dan juga diharapkan untuk ibu hamil lebih peka terhadap kesehatan janin”.